Minggu, 21 Oktober 2012

SOFTSKILL 4

KOMUNITAS ONLINE

Dewasa ini, banyak masyarakat yang sudah menggunakan internet untuk kegiatan sehari-hari seperti email, membeli barang, berteman melalui social media dan lain-lain. Dengan melakukan itu semua di internet berarti dikatakan kita sedang online. Lalu apa maksud dari komunitas online yang sering kita dengar mungkin dari perbincangan orang lain, di ceritakan oleh teman dan yang kita lihat banyak di social media? seperti komunitas pecinta musik klasik, komunitas online pecinta film Harry Potter, komunitas online pecinta motor Vespa dan masih banyak lagi. Mari kita bahas satu-satu dari sisi pengeetian komunitas dan online itu sendiri. 

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisame yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sunber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi olehsemua tau banyak". Menurut Crow dan Allan, komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen, yaitu :

  1. Berdasarkan lokasi atau tempat wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat dimana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis
  2. Berdasarkan minat sekolompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama, misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, maupun berdasarkan kelainan seksual
  3. Berdasarkan komuni-komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri.

Sedangkan pengertian online sendiri adalah segala aktivitas yang menggunakan internet dan dapat menghubungkan banyak orang, dimana Anda bisa berkomunikasi atau berhubungan atau terkoneksi dengan banyak orang melalui dunia maya. Online mempunyai jangkauan yang sangat luas, baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Kata Kuncinya, komunitas adalah kelompok sosial yang berkumpul dan online adalah aktivitas yang menggunakan internet untuk menghubungkan orang banyak. Jadi bisa kita simpulkan bahwa komunitas online adalah tempat berkumpulnya suatu kelompok secara online di dunia maya di mana mereka berkumpul atas dasar ketertarikan dan kebutuhan yang sama. Mereka sama-sama mencintai musik klasik, menyukai film  Harry Potter, atau menyukai Vespa . Sehingga mereka berkumpul dalam satu wadah yang dinamakan komunitas online agar mereka bisa saling berbagi pengalaman,  berbagi ilmu, dan saling membantu sesama anggota komunitas tersebut. 

Dengan adanya komunitas online, sangat memudahkan bagi mereka yang membutuhkan info tentang kegemaran mereka dan kebutuhan mereka dengan orang-orang yang memiliki kegemaran dan kebutuhan yang sama. 

POLARISASI KELOMPOK

Polarisasi yaitu proses dan perbuatan. Polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulnya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu. Fenomena polarisasi kelompok adalah kecenderungan kelompok yang menyebabkan orang mengubah keputusan mereka, baik ke arah yang lebih teliti atau lebih mengandung resiko. 

Penyebab timbulnya polarisasi kelompok yaitu :
  1. Pebandingan sosial : menilai pendapat dan kemampuan seseorang dengan cara membandingkannya dengan pendapat dan kemampuan orang lain
  2. Diskusi kelompok : memunculkan ide-ide yang sama
  3. Tidak ada prasangka
KELOMPOK KERJA VIRTUAL

Kemampuan bersosialisasi dan bekerjasama yang tinggi dari para professional membuat mereka mampu membentuk kelompok kerja virtual. Kelompok kerja virtual hanya bisa dibentuk oleh para professinal yang sudah bisa bertindak sebagai agen independen bagi dirinya sendiri. Mereka hanya terikat ketika sedang menangani suatu proyek yang dikerjakan oleh team virtual.

Kelompok kerja ini makin disenangi oleh banyak perusahaan karena kemampuan mereka dalam menggali kemampuan-kemampuan yang sebelumnya tersembunyi dan muncul ke permukaan melalui acara-acara bebas untuk berbincang dan bertuka informasi atau gagasan.
Kemudahan dan keakraban dalam menggunakan perangkat telekomunikasi menjadi sarana jitu untuk saling menghubungkan agen-agen tersebut jika suatu saat dibuthukan. Dalam konteks organisasi, kelompok kerja virtual ini masing-masing merupakan perpaduan sejumlah bahkan dan keahlian khusus, bisa muncul dan melintasi batas-batas organisasi koncensional seperti terdapat pada perusahaan umumnya.

Kerja seperti ini sudah umum dan sejak lama terjadi pada industri hiburan, dengan dibentuknya sebuah organisasi semu selama penganan suatu proyek, yang kemudian bubar setelah proyek tersebut selesai dikerjakan. Menurut para pengamat dunia kerja, ini akan menjadi standard dunia kerja masa depan.

Daftar Pustaka :

http://en.wikipedia.org/wiki/virtual_team
http://ujian pakarif.wordpress.com/2009/06/09/kelompok-dan-tim-kerja/
http://prokimal-online.blogspot.com/2011/12/team-kerja-virtual-dan dunia-kerja-masa.html
http://www.mediasugesti.com/index.php/tahukah-anda/245-pengertian-online
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar